Jumawa

si Krama yang Inggil itu kemana?

Posted on: Januari 14, 2009

Beberapa waktu yang lalu saya dan teman saya menunggu Transjogja yang akan mengantar kami pulang dari Malioboro sambil menikmati oreo yang saya bawa. Tak lama kemudian dua orang wanita paruh baya masuk dan duduk di sebelah kiri saya sambil tak henti hentinya mengobrol.

Tadinya saya cuek saja, tapi berhubung mereka ada di sebelah saya, mau tidak mau pembicaraan mereka terdengar juga oleh saya. Akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti pembicaraan saja 😆 ooo… lha tukang nguping

Ternyata mengikutinya tidak semudah yang saya pikirkan sebelumnya 😕

Ibu-ibu itu menggunakan bahasa yang seharusnya sudah tak asing lagi bagi saya, yaitu krama Inggil. Sepertinya, sebab saya lupa kategori bahasa mereka itu krama inggil atau krama alus 😀 . Tapi tetap saja saya agak terkejut, karena beberapa *belas* tahun silam saya masih bisa mengucapkan sederetan kalimat panjang dalam bahasa tersebut tanpa harus memikirkan kata demi kata.

Sekarang? boro-boro ngomong. Dengerin saja sudah setengah mati harus mikir. Padahal kata-katanya terdengar familiar, tapi menemukan artinya kok njlimet sekali.

Sepertinya saya butuh les basa jawa dan unggah-ungguh, mengingat saya juga sudah mulai melupakan tata cara unggah-ungguh versi jawa 😦

Nah, apakah terjadi sebuah pergeseran budaya dalam diri saya? Apakah si Krama yang Inggil itu sudah tergantikan oleh English, Nihongo atau Hangooko? Apakah terjadi hanya pada diri saya saja?

5 Tanggapan to "si Krama yang Inggil itu kemana?"

ada yang tau les lesan basa jawa dan semacamnya di jogja/semarang???

bwahahaha 😀

ya, berarti kalau ngomong2 an pake bahasa jawa an saja,Jum.. pake inggil2an sithik gitu,_walaupun sama temen. 😀 sak isoke ae sik.

ayo nek ngomong2 an boso jowo karo aku ae ta?

haahaha! :))

@pantat
asem ngekek tok

@sopo sampean
hayo perang kromo??

ahahaha~

Kulo badhe dateng wingking njengking ngising.

Itu satu-satunya kalimat agak panjang yang aku fasih.
Dan itu jelas bukan krama 😐

Tinggalkan Balasan

yang ditulis bulan lalu

jadwal rilis

Januari 2009
S S R K J S M
« Okt    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
